Blog

Kamu Perlu Tau Ini Kalau Mau Dirikan Startup

WhatsApp Image 2020-12-03 at 16.18.39
start up

Kamu Perlu Tau Ini Kalau Mau Dirikan Startup

Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang bagaimana mendirikan perusahaan startup, kita juga harus tau tips-tips nya bagaimana supaya sebuah perusahaan rintisan (Startup) bisa sukses. Karena berdasarkan prosentase, dari 100 startup yang berdiri, rata-rata hanya 10% saja yang berhasil masuk sampai seed, alias jadi bibit unggul. Begitupun dari 10% yang tersisa itu, hanya 10% nya lagi yang bisa tumbuh dan berkembang. Jadi…. Biar kamu nggak gagal sebelum mencoba, sebaiknya kamu perlu tau tips-tips berikut ini.

MENTOR

Nah terus kenapa sih guys di StartUp itu perlu ada mentornya?

Jadi gini guys, seorang mentor itu bisa berbagi pengetahuan, pengalaman, kesalahan, dan saran tentang cara membangun bisnis supaya bisnis itu makin kuat.

Ada kan guys scene di drakor ini tentang pembagian saham di Start Up itu kaya gimana yang udah dijelasin sedikit sama Pak Han. Kalo cara pembagian saham pada Start Up itu berbeda jika dibandingkan dengan pembagian saham di perusahaan. 

Businness Model

Dalam perhitungan jumlah sahamnya, ada beberapa faktor yang di perhitungkan. jadi gak cuma mempertimbangkan besaran modal, tapi juga komponennya kaya waktu kerja, ide, loyalitas, dan juga coding aplikaso.

Setiap komponen itu harus punya porsi tersendiri dalam pembagian saham Startu Up. Dengan melakukan perhitungan yang jaya gitu, pembagian saham pun bisa berlangsung secara adil. Seorang pendiri Start Up yang memiliki kontribusi minum, bakal punya kepemilikan saham yang lebih rendah dibandingkan founder yang lebih aktif dalam mengembangkan Start Up.

Reveneu Stream

Kalian boleh jadi punya ide brilian banget dan bahkan luar biasa cerdas kayak Nam Do San, tapi kalau kalian nggak punya rencana bisnis yang jelas, kalian nggak akan dilirik sama investor. Baik itu Angel Investorm maupun Venture Capital.

Business Plan ini yang nanti akan mengarahkan ke mana kamu bisa dapat uang dari model bisnis yang kamu buat. Karena, tanpa menghasilkan apapun, sama saja cuma bagus di atas kertas, tapi ngga bisa di jalankan. Ingat, meskipun startup kamu bergerak dibidang social atau istilah kerennya sociopreneur, tetap saja kamu harus bayar pegawai, bayar listrik, beli quota dan lain-lainnya.

Literasi Kontrak

Nah kalian inget juga nggak nih di drakor Start Up ini tepatnya di episode 12, ada scene tentang keteledoran Seo Dal Mi dan kawan-kawan menjadi blunder untuk SamSan Tech.

Mereka ini awalnya emang seneng dapet 3 Milyar Won dari 2STO. Tapi konsekuensinya ya 2STO ini sebenernya cuma mau merekrut pengembang aja, dan sisanya dipecat.

Nah setelah mereka tandatangan kontrak itu, mereka baru dikasih tau dan Nam Do San ini jadi marah banget guys. Emang dikontrak itu gak tertulis kalo semua team bakalan direkrut.

Karena kesel nih, mereka akhirnya mau batalin kontrak aja tapi karena udah terlanjur tandatangan dan gak bisa mereka main batalin gitu aja. Alhasil, kalo emang bener-bener mau batalin, justru mereka harus bayar 2 kali lipat yang akan mereka dapet.

Jadi temen-temen disini kalo ada yang mau mendirikan Start Up itu harus punya mentor seperti yang tadi di jelaskan di awal ya. Supaya gak salah ambil langkah kaya Seo Dal Mi dkk ini…

Dari hasil riset dan survey juga menunjukkan bahwa mentor itu punya peran penting guys dalam mencapai kesuksesan. Riset Sage menunjukkan 93 persen pendiri Start Up mengakui bahwa mentor berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis mereka.

Peluang kalian untuk sukses dalam berbisnis juga bisa didorong dengan adanya arahan dari mentor yang tepat. Koneksi, nasihat, dan arahan yang dapat menjadi lompatan bagi kalian menuju keberhasilan.

Menurut Minda bener-bener keren banget drakor Start Up ini! Bukan cuma seru aja sama jalan ceritanya, tapi banyak manfaat dan pengetahuan baru nih yang juga bisa kita pelajari dari sini. Semoga bermanfaat ya guysss!

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping
Alert: You are not allowed to copy content or view source !!