Blog

PENDIRIAN PERUSAHAAN START UP DI INDONESIA

start-up-business-meeting
Motivation / start up / Teaching Methodology

PENDIRIAN PERUSAHAAN START UP DI INDONESIA

Saat ini para pencinta drama korea di seluruh dunia dan juga para penggiat start up dari berbagai kalangan sedang keranjingan drama korea yang memiliki rating tertinggi saat ini yaitu 5,4%. Drama yang sedang happening dan banyak dibahas dikalangan anak muda jaman now ini karena pemainnya yang super duper keren ditambah dengan jalan ceritanya yang seru, menantang dan pastinya bikin semangat nih guys buat mendirikan suatu perusahaan.

Gak anak muda gak orang tua kebanyakan juga udah pada nonton ini drama, kalian sendiri gimana? Udah nonton? (udah dong/team nunggu sampe episode tamat!)

BTW yang udah nonton, kalian team siapa nih? Han Ji Pyeong yang bertindak sebagai Angel investor yang menjadi malaikat bagi tim Nam Do San karena jatuh cinta dengan Soe Dal Mi, atau team nya Nam Do Sam, salah satu pendiri Samsan Tech yang memiliki kecerdasan di atas rata2 dan memenangkan olimpiade matematika ketika kecil dan team nya sempat jadi juara 1 tingkat dunia dalam kompetisi penciptaan artificial intelligence yang diadakan oleh Google dan Amazon.

Kalo Minda sendiri sih Han Ji Pyeong guys!!! Upsss….hehehe

Bisnis model perusahaan Start Up ini emang lagi booming banget nih. Mereka berlomba-lomba cari ide yang seunik-uniknya biar bisa punya perusahaan StartUp.

Kalian sendiri udah tau belum sih cara mendirikan StartUp itu gimana? Kalau kalian tertarik mendirikan perusahaan start up, yuk simak penjelasan di bawah ini.

Pendirian Perusahaan Rintisan (Startup)

Nah kalau bercita-cita untuk mendirikan suatu perusahaan startup, salah  salah satunya kalian harus nyiapin ide dan produk yang inovatif, bener-bener sesuatu yang baru, unik, yang sebelumnya itu gak akan pernah kepikiran sama orang lain. Kaya hal yang kita kira tadinya gak mungkin tapi kalo di perusahaan StartUp ini bisa aja jadi mungkin dengan bantuan teknologi sekarang ini.  

Terus, kalian juga harus punya team yang solid banget. Yang pastinya harus kompak nih guys buat kalian pas mau ambil tindakan pada saat dimulainya bisnis ini. Jangan sampe ngerasa ada yang berat sebelah atau kurang srek dari ide yang mau diangkat untuk perusahaan yang baru mau dijalankan ini. Itu harus banget kalian omongin mateng-mateng di awal biar ditengah jalan bisnis ini gak macet.

Kalian juga harus melindungi aset kekayaan intelektual perusahaan dengan Paten, tau cara memasarkan produknya itu nanti gimana.

Dan yang terpenting, kalian harus banget paham betul tentang cara mengembangkan strategi Pembiayaannya. Sebagai sebuah perusahaan, pastinya tentu dibutuhkan biaya kan… Kalian pastinya perlu banget ini nih.

Disini sumber pendanaannya itu beragam guys dan kalian bisa pilih mau pake yang mana, mulai dari kantong pribadi sebagai modal awal, penghasilan dari produk yang diciptakan perusahaan, hingga dana ke pihak Investor.

Angel Investor dan Venture Capital

Nah tau kan guys, kalau Han Ji Pyeong ini bertindak selaku Angel investor di drakor StartUp yang juga mentor dari SamSan Tech.

Emang angel investor sendiri itu sebenernya apa sih? Jadi, seseorang kaya raya yang memberikan dukungan keuangan kepada perusahaan kecil kaya StartUp ini guys. Biasanya, dia akan meminta imbalan untuk mendapatkan kepemilikan saham dari StartUp tersebut. Kebanyakan, angel investor justru adalah orang-orang terdekat seperti keluarga atau bahkan sesama teman pengusaha.

Angel investor juga biasa dikenal sebagai malaikat bisnis, pemodal malaikat, atau bahkan pemodal mulia. (Hahaha ini agak lebay ya sebutannya tapi kenyataannya pasti kalian kalo ngalamin hal yang sama bakal ngerasa kaya gitu guysss).

Pada umumnya, angel investor lebih berfokus untuk membantu StartUp dalam pembangunannya daripada mengutamakan keuntungan yang mungkin akan didapatkan. Nah si Pak Han ini udah siap loh sebenernya jadi Angel Investornya SamSan Tech kalo misalnya mereka gak dapet investor pas pitching di SandBox demi Seo Dal Mi sang CEO yang dia taksirrr… (Sweet banget ya Han Ji Pyeong ini)

Angel investor terkadang bertindak juga selaku Venture Capital (VC) atau kalau Bahasa Indonesianya perusahaan modal ventura. Perusahaan modal ventura ini bertindak selaku investor bagi perusahaan-perusahaan yang punya masa depan bagus. Nanti, mereka akan masuk ke dalam perusahaan yang akan di biayai dan mengatur segala sesuatu tentang manajemennya. Venture Capital ini nanti akan ngasih investasi dana ke StartUp supaya bias melalui masa-masa sulitnya.

Meskipun resiko mereka terdengar sangat tinggi, keuntungan yang akan mereka dapatkan juga tentu sangat menggiurkan guys.

Nah terus kenapa sih guys di StartUp itu perlu ada mentornya?

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping