Blog

Memahami Cyber Security dan Penggunaan Digital Signature di Legal Tech

cover-cyber-security
Legal Tech

Memahami Cyber Security dan Penggunaan Digital Signature di Legal Tech

Revolusi Industri 4.0 merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Di Indonesia, perkembangan teknologi dan informasi terjadi begitu cepat. Dampak era revolusi industri 4.0 ini tentu sangat besar bagi dunia industri juga perilaku di masyarakat. Tidak dapat dipungkiri, perlahan semua kegiatan sudah beralih ke arah digital. Semua pemenuhan kebutuhan kini sudah tersedia secara digital, mulai dari jual-beli, jasa, hingga transaksi pembayaran. Kemunculan pandemi Covid 19 di Indonesia pada Maret 2020, juga turut berpengaruh pada kegiatan dan transaksi kita dimana semuanya menjadi dipaksa menjadi serba digital. Meeting dengan zoom misalnya sudah menjadi hal yang lumrah bagi semua orang. Bahkan transaksi perbankan juga makin marak menggunakan transaksi digital dengan fitur-fitur yang memudahkan orang untuk bertransaksi tanpa perlu pergi ke bank. Semua serba menyesuaikan, bahkan pemerintah juga makin menggiatkan layanan digitalisasi. Misalnya di bidang pertanahan,  di tahun 2019 Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) meluncurkan layanan pertanahan berbasis elektronik berupa hak tanggungan. Layanan pertanahan secara elektronik menggunakan tanda tangan digital atau digital signature. Tanda tangan tersebut dapat digunakan untuk memberikan persetujuan atau pengesahan suatu Dokumen Elektronik Pertanahan.

Selain istilah digital signature, ada lagi istilah e-signature. Lho apa bedanya sih? Mana yang lebih aman?

Berikut ini bahasan dari rekan saya, Evandri  G. Pantouw selaku CEO Indexa Law yang membagikan ilmunya di salah satu acara yang diadakan oleh Irma Devita Learning Center (IDLC).

Masih banyak orang yang bertanya-tanya tentang keamanan data pribadinya pada saat digunakan untuk  keperluan bertransaksi secara digital/online. Apakah bisa terjamin keamanannya?

Menurut Evandri, yang bisa menilai  apakah data kita aman atau tidak adalah diri kita sendiri karena di jaman sekarang software ada di semua device sehingga data milik kita ada tersimpan di cloud. Dari segi serangan cyber crime, Indonesia berada di urutan ke 4  dan 65%  tindakan cyber crime berasal dari luar negeri. Di Indonesia, peraturan pemerintah yang terkait dengan perlindungan data baru ada 9, sangat sedikit bila dibandingkan dengan negara Inggris maupun Uni Eropa.

Apa sih perbedaan antara digital signature dan electronic signature?

Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, definisi Tangan Elektronik adalah tanda tangan yang terdiri atas Informasi Elektronik  yang dilekatkan, terasosiasi atau terkait dengan Informasi Elektronik lainnya yang digunakan sebagai alat verifikasi dan autentikasi.

Sedangkan Tanda tangan digital merupakan tanda tangan elektronik yang digunakan untuk membuktikan keaslian identitas si pengirim dari suatu pesan atau dokumen. Selain itu, tanda tangan digital merupakan tanda tangan elektronik yang telah tersertifikasi.

Mana yang lebih terjamin keamanan dan keabsahannya, e-signature atau digital signature?

Menurut Evandri, tanda tangan basah di atas kertas lalu di-scan terus di-crop, dan lalu ditempel di dokumen memang termasuk tanda tangan elektronik (e-signature). Namun mengenai keabsahannya tidak bisa dipertanggungjawabkan karena  tidak ada mekanisme yang bisa menjelaskan bahwa tanda tangan betul-betul  dilakukan oleh orang tersebut, apakah tandatangan tersebut tidak mengalami perubahan dan apakah dokumennya berubah karena sistem tidak berjalan dengan baik.

Lain halnya dengan digital signature, dokumennya lebih terjamin keamanan dan keabsahannya karena dikunci menggunakan enkripsi dan lebih terjamin.  Jika kita menggunakan Provider Legal Tech yang menggunakan tandatangan digital melalui digital signature dan punya kapasitas sesuai dengan UU ITE pasal  4 maka dokumen kita yang menggunakan digitak signature akan punya keabsahan.

Dengan kata lain yang lebih terjami keabsahannya adalah digital signature karena Penyelenggara (provider) tanda tangan digital harus bisa menjamin persyaratan keabsahan, dan memastikan isi dari konten tidak akan berubah.  Pemilik tandatangan harus memberikan Digital identity ke pihak penyedia jasa digital signature, jadi ketika ada permasalahan maka yang akan diminta pertanggungjawaban adalah penyedia jasanya.

Namun demikian masih ada kekurangan di dalam penggunaan digital signature ini, perangkatnya tidak bisa mengecek apakah betul yang melakukan tandatangan di aplikasi adalah memang orang tersebut karena  teknologi belum bisa mengecek hal tersebut, dengan menggunakan biometrik pun tetap selalu ada kerentanan. Sehebat-hebatnya cyber security tetap ada kemungkinan di retas.

Apa yang perlu dilakukan untk menjamin keamanan dan keabsahan data dengan adanya Legal Tech di indonesia?

Evandri memberikan  beberapa saran yaitu kenali data yang kita miliki terutama data-data penting. Jangan semua data/dokumen dibuat full digital, kita harus tetap mempunyai dokumen cetak/hard copy supaya ada cadangan jika ada kendala. Tentukan pengaturan data kita termasuk mekanisme proteksi data, jaminan keamanan data dan orang yang bertanggung jawab terhadap penyimpanan data tersebut.

Evandri juga menyarankan kita perlu  melakukan cyber hygiene secara reguler, antara lain mengetahui siapa aja pengguna aplikasi tersebut,  berapa banyak laptop yang ada di kantor kita, berapa banyak orang yang puny account untuk masuk ke dalam aplikasi. Demi keamanan, password harus dibuat private,  jangan masukkan informasi pribadi, nomor telpon misanya bedakan dengan nomor pribadi. Selalu update semua aplikasi yang kita miliki dan gunakan antivirus yang terpercaya.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping