Blog

Ahli Waris Berdasarkan Kecelakaan Sriwijaya Air

cover-artikel-pesawat-jatuh
Uncategorized

Ahli Waris Berdasarkan Kecelakaan Sriwijaya Air

Tentunya kamu masih ingat kan kejadian naas yang menimpa penumpang pesawat Sriwijaya Air SJ-182  rute Jakarta-Pontianak pada 9 Januari 2021 lalu? Jatuhnya pesawat ini membuat banyak orang merasa terkejut. Bahkan, semua orang merasa sedih dan berduka cita. Kejadian ini menambah deretan kecelakaan pesawat terbang di negara kita. Padahal banyak yang berharap akan ada hal indah baru yang terjadi di tahun 2021 ini.  Tapi, apa boleh buat. Takdir sudah ada yang mengatur akan terjadi seperti itu. Semoga, keluarga yang ditinggalkan mendapatkan ketabahan dan para korban ditempatkan di sisi yang terbaik oleh Tuhan YME.

IDLC akan sedikit ceritakan kronologisnya. Pada hari Sabtu, 9 Januari, pesawat dengan jenis boeing 737-500 itu udah hilang kontak saat meninggalkan Jakarta menuju Pontianak. Tapi ya guys, setelah terbang selama 4 menit pesawat tersebut malah langsung hilang kontak di ketinggian 1.000 kaki. Diduga jatuh dari ketinggian tersebut, pesawat ini membawa 56 penumpang dan 6 awak pesawat. Nah dari 56 penumpang itu, terdapat 46 orang dewasa, 7 orang anak-anak dan 3 orang bayi. Awak kabin sendiri dari 2 orang pilot dan 4 orang crew. Dan yang bikin heboh, ada kabar kalau dari korban pesawat tersebut ada keluarga besar yang meninggal bersama.  

Kejadian ini jadi ingetin IDLC dengan kecelakaan pesawat Air Asia yang terjadi beberapa tahun yang lalu. Dalam kecelakaan pesawat tersebut juga terdapat korban meninggal satu keluarga besar. Gak hanya itu, belum dalam duka mengenai para korban, malah banyak keluarga korban pesawat Air Asia yang berebut buat jadi ahli waris.

Dari sini tentu akan ada pertanyaan, dari kecelakaan pesawat terbang tersebut pembagian warisnya jadi gimana ya guys? Dan, bila suami istri kecelakaan bersama meskipun salah satunya sempat hidup walaupun 1-2 jam aja, maka siapa yang berhak jadi ahli warisnya?

Jika kejadiannya seperti itu, maka yang sempat hidup itu adalah ahli waris dari yang meninggal duluan. Jika mereka memiliki anak, maka anak-anak kandung yang akan menjadi ahli warisnya. Akan tetapi, jika satu keluarga meninggal, maka antara mereka itu tidak saling mewaris ya guys. Akibatnya warisan dapat dibagi ke masing-masing keluarga dari pihak suami dan dari pihak istri. Jangan lupa untuk memperhatikan juga, hukum waris apa yang dipakai. Apakah Hukum waris perdata, hukum waris Islam, atau hukum waris adat.

Jika kamu mau tau lebih banyak pembahasan tentang ahli waris, bisa banget nih dengerin podcastnya Ngopi Hukum by IDLC ID di episode ke-46 yang judulnya “Mau Tau Kamu Ahli Waris Yang Sah Atau Bukan?”

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping