Blog

Bolehkan Bercerai Saat Hamil?

Cover-Cerai-Hamil
Uncategorized

Bolehkan Bercerai Saat Hamil?

Kalau kamu penggemar Lesty, pastinya dong kamu juga update dengan kehidupan mantannya yang juga seorang jebolan Dangdut Academy, Rizki. Setelah mereka putus, dan Rizki tiba-tiba menikahi seorang gadis cantik bernama Nadya Mustika. Tapi entah kenapa ya Guys, dengan usia pernikahan yang 47 hari tiba-tiba Rizki menalak strinya.

Berita ini tentunya bikin netizen geger. Kabarnya, saat itu Nadya sudah hamil 4 mingguan. Ini dia yang juga bikin para netizen bertanya-tanya, sebenernya bisa gak cerai kalau kondisi perempuan lagi hamil? Nah, kalau kamu juga penasaran, IDLC akan sedikit menjelaskan.

Dalam Peraturan Pemerintah No 9 tahun 1975 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974, tidak ada yang mengatur mengenai larangan menceraikan istri saat sedang hamil. Di mana penyebab perceraian, dijelaskan pada pasal 19, yaitu :

  1. Salah satu pihak berbuat zina atau menjadi pemabok, pemadat, penjudi, dan lain sebagainya yang sukar disembuhkan;
  2. Salah satu pihak meninggalkan pihak lain selama 2 (dua) tahun berturut-turut tanpa izin pihak lain dan tanpa alasan yang sah atau karena hal lain diluar kemampuannya;
  3. Salah satu pihak mendapat hukuman penjara 5 (lima) tahun atau hukuman yang lebih berat setelah perkawinan berlangsung;
  4. Salah satu pihak melakukan kekejaman atau penganiayaan berat yang membahayakan pihak yang lain;
  5. Salah satu pihak mendapat cacat badan atau penyakit dengan akibat tidak dapat menjalankan kewajibannya sebagai suami/isteri;
  6. Antara suami dan isteri terus-menerus terjadi perselisihan dan pertengkaran dan tidak ada harapan akan hidup rukun lagi dalam rumah tangga.

Tidak hanya di dalam Peraturan Pemerintah No 9 tahun 1975. Dalam Kompilasi Hukum Islam maupun hadist juga tidak ada larangan untuk menceraikan wanita hamil. Walaupun begitu, dalam Peraturan Pemerintah No. 9 tahun 1975, Pasal 39 point (c), dikatakan, “Apabila perkawinan putus sedang janda tersebut dalam keadaan hamil, waktu tunggu ditetapkan sampai melahirkan.”

Jadi guys, gak ada yang salah secara hukum dengan perceraian Rizki dan Nadya Mustika. Hanya saja memang secara pandangan masyarakat rasanya kasian atau kurang pantas seorang wanita hamil diceraikan. Tapi, kalau masalahnya terjadi kekerasan dalam rumah tangga, atau suami tidak mau menafkahi, sepertinya perceraian adalah jalan terbaik walaupun sang istri sedang hamil.

Jika kamu mau tau lebih banyak pembahasan tentang ahli waris, bisa banget nih dengerin podcastnya Ngopi Hukum by IDLC ID di episode ke-86 yang judulnya “Bolehkah bercerai saat hamil”

Leave your thought here

Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping
Alert: You are not allowed to copy content or view source !!